Home » » Sebarapa Hebat Amazon itu?

Sebarapa Hebat Amazon itu?

Amazon..kedengeran angker? Kalo iya, berarti sobat kebanyakan nonton film. Banyak film yang mengkaitkan Amazon dengan monster-monster menakutkan, atau suku pedalaman kanibal. Hehehe..padahal nggak segitunya. Amazon tuh eksotis, kata para peneliti bukan kata saya soalnya saya belum pernah 'kelayapan' ke sana.

Amazon adalah sungai terbesar di dunia dengan segala ukurannya. Debit air yang di bawa Amazon ke laut menyumbang 20% dari semua debit air di seluruh dunia. Dari panjangnya. Lebarnya. Masalah panjangnya ada perbedaan. Sebagian bilang 6.259 km, ada juga yang ngomong 6.712 km.

Nggak salah tuh?! Bukannya sungai terpanjang itu sungai Nil?! Sungai Nil emang saingannya Amazon. Nil punya beberapa versi dalam penentuan panjang. Intinya, panjang Nil berkisar 5.499 km - 6.690 km. Tapi selain itu para ahli sepakat bahwa Amazon-lah juaranya. Pada titik terlebarnya, Amazon meregang sampai 11 km. Di musim hujan merentang sampai 40 km. Di musim kemarau Amazon menutupi tanah hingga 100.000 km persegi, jika musim hujan tiba, wilayahnya meluas hingga 350.000 km persegi.

Karena Amazon mengalir di seluruh belahan utara benua Amerika Selatan, termasuk membelah hutan hujan tropis yang lebat, maka Amazon membawa sejumlah besar air. Mulut Sungai Amazon, di mana ia bertemu laut, sangat luas dan dalam, makanya wajar kalo kapal ukuran sedang dan besar bisa melakukan perjalanan sejauh dua pertiga panjang sungai.

Amazon juga menjadi rumah bagi banyak hewan-hewan yang menakjubkan. Sobat tau ikan Patin? Di Amazon juga ada ikan Patin, ya kan sama-sama daerah tropis, wajarlah. Tapi bedanya ikan patin di sini adalah dari segi ukuran. Di Amazon, semua hewan memiliki potensi maksimal untuk berkembang, mengingat sumber daya alamnya yang melimpah. Ikan patin amazon beratnya bisa mencapai 60 kilogram! Dengan berat segitu, silahkan sobat bayangkan segede apa tuh Patin.

Nggak cuma ikan Patin, ada juga ikan raksasa yang disebut Arapaima. Ada hubungannya sama artis Rama Aipama nggak? Hehehe..mudah-mudahan nggak! Orang lokal menyebutnya dengan Pirarucu. Arapaima raksasa di temukan di sini. Ikan ini adalah ikan yang hanya bisa hidup di air segar bebas polusi. Jangan harap nih ikan bisa hidup di kali Ciliwung. Yang terbesar, yang pernah ditemukan mencapai 4 meter dengan berat 200 kilogram! Liat Pic di bawah ini ;


Kenapa Amazon begitu besar? Ya, karena dia terletak tepat di garis khatulistiwa. daerah yang terletak di garis khatulistiwa biasanya kaya akan habitat hewan dan subur-hijau. Mirip kayak Kalimantan kalo di kita mah. Amazon juga punya curah hujan yang tinggi.

Sampai sekarang Amazon tetap sebagai sungai terbesar di dunia. Sungai yang paling kaya dengan ragam margasatwanya yang menakjubkan. Amazon berperan sebagai paru-paru dunia yang sangat vital, kalo nih hutan lenyap, kayaknya bisnis jual oksigen tabungan bakalan jadi bisnis yang paling prospektif.

**** 
Mengingat banyaknya pelaku CoPas tak beretika, maka dengan sangat menyesal saya menon-aktifkan fungsi blok dan klik kanan. Bagi Sobat yang berminat dengan artikel di sini, silahkan menghubungi ke email -- jakarta80@gmail.com

0 comments:

Yang Ikut-Ikutan