Home » » Singapura, Sang Superior Asia Tenggara

Singapura, Sang Superior Asia Tenggara

1965, ketika Indonesia bergejolak begitu pula Malaysia, dimana keadaan ini dijadikan momentum bagi Singapura untuk mendirikan negara sendiri. Lee Kuan Yew, yang nantinya menjadi perdana menteri Singapura, fokus pada dua hal untuk mewujudkan Singapura merdeka, yaitu meraih pengakuan Internasional & membentuk pertahanan dan keamanan.

Point kedua menjadi perhatian terbesar Lee. Dia bergerak cepat menuju Mesir dan meminta bantuan mempersiapkan angkatan bersenjata namun tidak mendapat respon. Di sisi lain, Israel menawarkan bantuan serupa. Dengan mempertimbangkan penduduk Singapura yang juga banyak berstatus Muslim, Lee menolak tawaran itu.

Kapal Selam Singapura Buatan Swedia
Singkat kisah, Mesir tetap menolak memberikan bantuan walaupun mengakui kedaulatan Singapura, maka dengan terpaksa Lee menerima tawaran Israel. Terjalinlah kerjasama rahasia antara Singapura – Israel.

Dibawah besutan Trainer Israel, Singapura memiliki kader awal 40-50 perwira. Dari 40-50 orang inilah cikal-bakal  Singapura menjadi kekuatan Militer terbesar se-Asia Tenggara.  Darimana bisa dikatakan Singapura memiliki militer terkuat se-Asia Tenggara ? Ini alasannya :
  • Mari kita mulai dari budget. Singapura menyisihkan dana $ 4,4 Miliar yang dialokasikan untuk anggaran militer. Malah menurut informasi lain, pada tahun 1999, Singapura menghabiskan $ 7.25 Miliar atau 25% dari anggarannya untuk memperkuat pertahanan. Jauh dibanding Indonesia yang hanya $ 1 Miliar dan Malaysia yang hampir dua kali lipatnya Indonesia. Apalagi jika dibandingkan dengan luas wilayah yang ada.
  • Singapura juga mempunyai industri militer sendiri. Indonesia juga punya, tapi masih sangat terbatas kemampuannya. Beda dengan Singapura yang sudah bisa memproduksi sendiri senjata ringan, berat, senjata mesin hingga artileri.
  • Angkatan bersenjata Singapura berjumlah 60.500 Personil. Memang jauh dibawah negara lain, termasuk Indonesia. Tapi ingat, Singapura memberlakukan wajib militer bagi warga dewasanya  yang berjumlah sekitar 213.800 orang. Mereka bisa diaktifkan sebagai militer kapan saja dengan segala fasilitasnya  yang memadai. Total Defense War berlaku di negeri ini!
  • Seandainya Singapura diserang, warga telah siap tempur. Mereka sudah terlatih selama 12-24 bulan. Mereka sudah memiliki pangkat. Mereka sudah tahu siapa bawahannya, siapa atasannya, artinya alur komando sudah jelas. Mereka tahu dimana basecamp mereka ketika penyerangan terjadi. Dan mereka tahu dimana mereka bisa mendapatkan senjata.
  • Singapura memiliki Force Abroad, atau pasukan yang ditempatkan di luar negeri. Bukan pasukan untuk misi internasional, tapi memang untuk kepentingan Singapura. Kebanyakan angkatan udara yang terdiri dari pesawat tempur, pesawat pengintai tanpa awak hingga pesawat pengisi bahan bakar di udara
  • Singapura menempatkan pasukannya di Prancis, Australia, Brunei, Afrika Selatan, Taiwan, Thailand dan Amerika. Jadi seandainya (ini seandainya loh..) Indonesia menyerang Singapura dan berhasil menghancurkan Singapura, maka dalam hitungan 30 menit akan datang pesawat tempur Singapura dari berbagai negara meluncur melakukan serangan balik mematikan ke Jantung Indonesia (Jakarta :red).
  • Menurut Defense Journal, Singapura memiliki 4 unit pesawat tempur F16B, 10 unit F-16D, 36 unit F5C fighters dan 8 unit F5T fighters. Tapi Singapura belum punya pesawat tercanggih saat ini.
  • Singapura memiliki satelit mata-mata yang bekerjasama dengan negara-negara berteknologi canggih macam Israel dan Amerika. Dengan Amerika, Singapura sudah teken kontrak senilai  $ 1 Milliar untuk membangun satelit mata-mata. Jadi, sangat mungkin, jika tidak ada satu jengkal wilayah pun di Asia Tenggara ini (minimal negara-negara tetangga seperti Indonesia dan Malaysia) yang tidak diketahui pergerakannya oleh Singapura.
  • Angkatan laut Singapura memiliki 7 kapal selam dan 18 kapal Corvett.
Dalam buku biography Lee Kuan Yew, dia sesumbar bahwa militer Singapura lebih efektif ketimbang militer Amerika sekalipun. Dengan beralasan perang Vietnam dimana Amerika mengirimkan ribuan ahli militernya tapi tetap saja tidak bisa memenangkan perang, sedangkan Singapura hanya butuh 18 ahli militer Israel kemudian Singapura berubah menjadi negara terkuat se-Asia Tenggara. 

18 comments:

Lukman Arif Wijaya said...

Wah, tapai kalau perang betis dijamin singapura kalah gan...

muhpurwanto said...

globalfirepower.com,, coba bung lihat peringkat Indonesia,, dan adakah Singapura di situ,, coba lihatlah,, mungkin ada perubahan-perubahan yang harus dilakukan pada artikel ini !!!

Admin Semoga Betah said...

@muhpurwanto
disitus itu tercantum pula Afghanistan yang notabene untuk menjaga stabilitas keamanan dalam negerinya saja masih didukung oleh pasukan Asing.

Jadi sangat tidak masuk akal jika Afghanistan mengungguli kekuatan militer Singapura.

Saya nggak menyalahkan situs tersebut hanya saja mungkin mereka punya penilaian berbeda, atau bahkan mungkin mereka memang belum memasukkan militer Singapura dalam proses perangkingan.

galeri cewek cantik seksi said...

woow,,,baru tau nih

obat herbal said...

wuih serem banget ya, kita memang selalu ketinggalan

hari yang aneh said...

Memang belum terbukti jika belum dipraktekan Gan, kalau menurut ane sih Negri kita tercinta ini gak akan kalah jika berhadapan dengan singapura.

Jangan melihat orang lain Gan, pelajari diri kita. Mungkin saja ada gerakan atau organisasi tersembunyi yang agan belum tau di negri kita ini yang dimana memiliki power yang lebih besar ketimbang yang terlihat sekarang ini. Siapa oang yang bisa menilai 200jt manusia, bahkan orang amerika yang dikenal jenius saja susah membicarakan kemampuan sesungguhnya negaranya walaupun masih jadi ? besar publik apakah benar kekuatanya segiTo!!

Admin Semoga Betah said...

@obat herbal
Ya gak juga Sob.

@hari yang aneh
Setuju, semua memang masih perhitungan saja, belum bukti praktisnya.

Justru kalau kita ingin menilai seberapa hebat diri kita, ya harus ada perbandingannya kan? Si A dibilang jago karena telah mengalahkan si B. Si C sebagai pelari tercepat di dunia karena berhasil mengalahkan pelari tercepat dari negeri D,E,F,G,H dll.Nah, Singapura adalah perbandingan yang tepat menurut saya. Selain tetangga dekat, secara geografis kecil, penduduk tidak banyak, dan sumber daya alam sangat minim tapi berhasil membangun militer yang mengagumkan.

Tujuannya bukan untuk mengecilkan Indonesia tapi untuk memacu semangat supaya bisa lebih baik dari Singapura dan supaya kita sadar bahwa kita bisa lebih hebat dari Singapura: Sumber daya manusia kita banyak, negeri kita luas dan sumber daya alam kita melimpah.

New Trik Tips Computer said...

wah baru tau gw,.,.,.

Belajar Bisnis Forex said...

Indonesia gak boleh kalah, jangan sampai ketinggalan

Kaos Distro said...

Jangan perang deh..mending live in a peacefully world..

Media Nusantara said...

salam kenal .
wahh .
singapura lebih unggul dari indonesia .

Pulsa Elektrik said...

Baru tahu ada negara yang semua penduduknya punya pangkat militer.... jangan-jangan penjaga kios di SIngapura pangkat letnan :D

Anonymous said...

Indonesia tidak hanya Jakarta,
senjata tidak hanya pesawat.
Masih ada ribuan hektar hutan Indonesia, masih ada ribuan tentara Indonesia. Sesempit Iraq saja, Amerika frustasi. Apalagi Singapura! Singapura akan mimpi buruk bila menyerang Indonesia.

mr.ang said...

'kenapa ya,, negara sebesar indonesia, tapi kok malah kalah sama negara sekecil singapura...???

Unknown said...

10 orang tentara singapur masuk wlyh indonesia,1000 orang indonesia ke singapur,1000 org tentara singapur,1jt tni ke singapur,jadi indonesia ibarat harimau yg tdr tp jgn di ganggu..,ingat gan,jepang,belanda,portugal,inggris,pernah di hadapi dgn bambu runcing gan...ap lg skrng...MERDEKA atau MATI...

Anonymous said...

Biasa aja gan...,seluruh penduduk indonesia di suruh kencing disingapura,dah cukup tuk menenggelamkan singapura...tak perlu pake senjata..

Anonymous said...

waduh logika donk.indo kagak bisa menang kalo seandainya perang terjadi.. krna sudah jelas dan kita tau indonesia tidak punya senjat rahasia.. kita liat saja di matauang indo saja sudah kecil sekali .. mau peroleh senjata negara kita hrus punya rupiah yg bnyak mungkin..mslh paling besar adalah atasi korup" yg ada dinegara ini dulu.. kalo agan" yg diatas bercerita indonesia bisa menang lawan singapur. berati agan" yg diatas itu tidak pande berhitung.. tidak paham apa artinya berhitung..negara merdeka tapi gagap.
benaran indonesia ngaca dulu kalo masalah soal perang.
bambu runcing apa,,
indonesia maredka bukan krna menang medan perang.. dikarenakan negara yg menjajah berhenti menjajah krna sudah sampai wktunya.
disitu lah indonesia keluar dari persembunyian krna tdk punya senjata api dan meneriak MARDEKA!!!

logisss bambu runcing vs senjata api dalam jarak ratusan dan puluhan meter mana yg tertancapp dulan??
begok!!

Renata Gunawan said...

@all : artikel ini hanya informasi doang. ini untuk memacu kita semua untuk belajar dari negara maju. jangan lantas berpikir negatif lah. harusnya dengan adanya artikel ini agan2 semua terpacu untuk lebih produktif. jadi yang terbaik dulu deh di bidangnya. jangan pernah tanyakan apa yang udah negara buat untuk kita, tapi tanyakan deh apa yg udah kita buat untuk Indonesia. memang klise tapi yah kalau kita menjelek2an negara sendiri, apa itu baik? kita semua pasti punya kapasitas untuk lebih maju. belajar di negeri singa dengan beasiswa udh banyak, kenapa gak dimanfaatkan untuk kemajuan negara? balik lgi itu ke pribadi msing2 lah. jangan cuma bisa berkoar tapi ga ada hasilnya. ok? untuk yg buat artikel trims yah. dapat tambahan ilmu deh

Yang Ikut-Ikutan